FireStats error : Database error: Error establishing mySQL database connection:php_network_getaddresses: getaddrinfo failed: Name or service not known in /home/students/public_html/wp-content/plugins/firestats/lib/ezsql/mysql/ez_sql_mysql.php on line 98

MySQL Version:
SQL Query:
INSERT DELAYED INTO `plugin_firestats_pending_data` ( `timestamp`, `site_id` , `user_id`, `url` , `referrer` , `useragent` , `ip` ) VALUES ( NOW(), 86, NULL , '', '', '', '' )

Berawal Dari Sini, Bermimpi, Melangkah dan Pasti

April 28th, 2011

Diawali dari sini dan dari SAYA

Belajarlah dari masa lalu , lakukan hari ini, dan berharapllah untuk esok, yang penting jangan pernah behenti mempertanyakan sesuatu.

Terlahir dengan nama Andwi Prima Valentine, teman – teman banyak yang memanggil valent, walaupun sebenarnya nama panggilan saya banyak sekali, it’s ok, for me nickname just inialization dan terkadang sebagian dari kenalan baru mengira saya memeluk agama non muslim, mungkin banyak yang “judges” dari nama belakang saya. Memang nama belakang itu diambil dari tanggal kelahiran saya yaitu bertepatan dihari “valentine” 14 Febuari.

Allhamdulliah, Allah masih memberikan kesempatan untuk saya, menempuh umur 21 tahun. Tercatat sebagai mahasiswa semester VI Teknik informatika Universitas Islam Indonesia, Sehari-hari saya aktif sebagai Asisten Laboratorium Jaringan Komputer Teknik informatika, sembari beraktivitas sebagai staff pengajar Web Design pada sebuah instansi IT Trainning Center di Jogja. Selain itu saat ini saya juga beraktivitas pada sekolah fotografi, demi menyalurkan kegiatan yang merupakan hobby saya dan juga menjabat sebagai CEO pada CV. Hugel Development, sebuah perusahaan kecil yang bergerak di bidang IT, jaringan, software house dan sistem informasi.

Kesibukan ini lah yang menjadi pengisi hari-hari selama 1 tahun terakhir, tak pernah terbayang oleh saya, untuk bisa menggapai apa yang telah saya cita-citakan sewaktu SMA dahulu, meskipun saya tau ini baru bagian awal dari pejalanan yang panjang dan masih banyak yang belum tercapai dan harus dicapai. Terkadang ketika medapatkan moment bercerita dan “sharing” dengan teman-teman satu perjuangan di Universitas Islam Indonesia, pada ujungnya banyak yang bertanya, Kenapa, Bagaimana caranya bisa melakukan banyak kegiatan dalam waktu satu waktu yang nyaris bersamaan, dan Apakah yang menjadi alasan untuk bisa bertahan?

Make a dream : Dahulu, Sekarang dan Nanti adalah suatu masa

“Hidup tanpa harapan dan cita cita sama nasibnya dengan burung tak bersayap”. (mohamad ali)

Harapan, mimpi, cita-cita dan nasib, itulah yang menentukan kehidupan sekarang dan masa depan, dimulai dari berharap dan bermimpi kedua merupakan sebuah pedoman itu melakukan tindakan apa yang harus dilaksanakan. Allhamdulliah sampai saat ini saya masih bisa bernafas, menghirup udara segar, kuliah di Universitas Islam Indoneisa, semua berkat sepercik harapan dan mimpi yang akan saya gapai dan optimis harus tercapai. 

Apapun itu yang saya kerjakan pada masa lalu, hari ini, dan esok hari, semua karena harapan, mimpi dan cita-cita yang begitu harus saya capai. Saya mencoba mulai dari mimpi-mimpi kecil sebelum menggapai mimpi besar, “Small thing to biggest thing”. Mimpi –mimpi kecil itu antara lain membuat semua orang menjadi berharga, nyaman dan berguna jika berada dalam ruang visual saya. Maka dari itu, apasaja yang bisa saya kerjakaan hari ini akan saya lakukan sebisa mungkin.

Saya terlahir di sebuah desa bernama Sijunjung. Sijunjung adalah daerah kecil dan terpencil di Sumatera bagian Barat, daerah ini banyak potensi wisata dan asset untuk Negara serta banyak dikenal dengan julukan negeri lansek manih. Saya lahir disana bersama keluarga sederhana, bahkan bisa dikatakan sangat sederhana, transparan, religious, dan selalu memberikan kebebasan serta tanggung jawab untuk melangkah, mencapai tujuan dan memilih pilihan hidup. Tentunya tak lepas dari arahan orang tua. Pada saat saya kelas 5 SD, masih berumur 11 tahun, saya sudah diarahkan orang tua, terutama bapak dengan mengembleng untuk bisa melukis. Alhasil saya bisa mendapatkan peringkat pertama se Kab. Sijunjung.

Beranjak kebangku SMA, saya mendapatkan hadiah seperangkat alat komputer, pada masa itu dan untuk daerah sekelas Sijunjung, mendapatkan sebuah komputer adalah kebanggaan tersendiri dan masih sangat jarang teman-teman saya yang memilikinya, dari sini saya mulai minat dibidang computer, saya mulai mencoba memanfaatkan “resource” yang ada, walaupun sangat terbatas, saya mencoba belajar secara otodidak.

Saya mulai menjadi teknisi panggilan dari rumah ke rumah untuk memperbaiki computer yang rusak, walaupun upahnya tidak seberapa saya tetap senang melakukannya, selain bisa membantu orang lain serta bisa menambah pengalaman.

Usia 16 tahun saya mencoba mengikuti organisasi-organisasi yang ada di sekolah, berawal dari OSIS sampai pada saya mendirikan sebuah organisasi eksternal tetapi masih berada dalam ruang lingkup SMA, Saya mendirikan organisasi dengan nama Creative Students, merupakan organisasi yang beranggotakan siswa-siswa yang kreatif dan inovatif, kami banyak membuat acara yang mendatangkan hal positif untuk SMA kami , dari acara kecil-kecilan sampai ke acara besar seperti acara ajang kreatifitas siswa se Sumatera Barat , mulai dari lomba sepak bola, voli dan bidang olahraga lainnya sampai kepada acara festival band pelajar se Sumatera Barat.

Dari sana saya mendapat banyak peluang dan mencoba untuk memanfaatkan peluang yang ada, salah satunya dibidang kewirausahaan, saya mulai bergerak di bidang grafis dan percetakan. Semenjak saya menjabat ketua pada organisasi Creative Students, saya mendapat banyak pesanan dalam bidang grafis dan percetakan, mulai dari membuat co-card acara, pamplet, brosur, video untuk sekolah, kalendar sekolah, buku MOS (Masa Orientasi Siswa) dan lainnya. Hasilnya lumayan, walaupun masih kecil-kecilan tapi bisa menambah uang saku.

Banyak hal yang bisa saja jadikan pelajaran dari sana, salah satunya sesuai dengan pepatah berikut : “Bersiaplah untuk menyonsong kedatangan peluang hidup, nasib baik itu akan datang ketika persiapan dan peluang bertemu

Usia 17, saya mulai mencoba untuk menambahkan bidang usaha foto dan videografi, saya mulai mendapatkan job-job kecil kecilkan seperti foto-foto siswa, guru, sekolah, dan acara resmi lainnya, seperti pernikahan, acara serah jabatan dan perpisahan. Alhamdullillah bisa menambah tabungan untuk mencapai keinginan kuliah diluar daerah.

“Learning by trying, learning by doing then keep experience”

Dalam dunia bisnis, setiap orang akan dibayar dengan dua mata uang : uang kontan dan pengalaman, ambilah pengalaman lebih dahulu , uang kontan akan menyusul , (Harold green)

Pada masa-masa ini saya mulai menentukan apa yang harus saya lakukan setelah tamat SMA, saya keinginan besar melanjutkan sekolah ke salah satu universitas terbaik di Indonesia, saya hanya punya satu pilihan untuk menlanjutkan sekolah ke Universitas Islam Indonesia, saya optimis bisa melanjutkan kuliah di Universitas ini, berusaha semaksimal mungkin dan berdoa untuk mencapai itu, akhirnya saya diterima di UII lewat jalur PSB (Penelusuran Siswa Berprestasi).

Mimpi semasa SMA untuk kuliah ke luar daerah terkabulkan juga, saya pindah dari Sijunjung ke kota Yogyakarta, memang kota ini kota yang ramah dan berhati nyaman, Semester awal berjalan lancar walaupun sedikit terasa berat, pada semester 2 saya mencoba melanjutkan usaha-usaha yang pernah saya geluti sewaktu SMA, ternyata kota ini sangat jauh berbeda dengan daerah asal saya, dan akhirnya saya memutuskan untuk bekerja sambilan saja hitung-hitung menambah pengalaman.

Saya diajak bergabung disebuah perusahaan kecil bergerak dibidang Computer dan Jaringan. Bernama Tridante Compuskill, Disini saya mendapatkan job, sebagai teknisi computer dan jaringan. Dari sini saya sadar semua itu memang mulai dari bawah, perkerjaan yang lumayan berat dan cukup beresiko tinggi serta mendapatkan gaji tak seberapa, demi mencari pengalaman saya dengan semangat tetap jalani.

Memperbaiki computer rusak, mengantarkan dari rumah ke rumah, sekalipun rumah klien berada di sudut-sudut kota jogja dan memperbaiki jaringan internet rumah dan instansi, dengan memanjat tower dan terkadang sampai mencapai ketinggian 20 meter. Itulah yang saya jalani diawal-awal kuliah. Saya hanya bisa mensugesti diri, selagi muda dan bisa kenapa tidak dilakukan.

Setelah beberapa bulan menjalani pekerjaan ini, ternyata memang berat dijalani sembari kuliah dan sangat menyita waktu, 1 bulan seruis untuk kuiah sampai saya mendapatkan tawaran dari teman untuk mengisi lowongan sebagai web programmer pada sebuah perusahaan swasta bernama SCRIPMEDIA Development, merupakan perusahaan kecil bergerak di bidang jasa pembuatan website, company profile dan media interaktif.

Sebagai mahasiswa Informatika Universitas Islam Indonesia saya terima tawaran itu, walaupun ilmu saya dibidang web programming belum benar memadai untuk terjun kesana, tapi pihak Scriptmedia mau memberikan training 1 bulan, saya merasa sangat beruntung sekali bisa mendapatkan perkerjaan ini.

Banyak pertimbangan sebenarnya untuk menerima pekerjaan itu, salah satunya adalah kuliah. Tapi setelah dijalani ternyata tidak serumit yang dibayangkan, saya mendapatkan keringganan untuk bisa bekerja dimalam hari jika pada siang harinya kuliah penuh. Meskipun mendapat keringganan tetapi tetap saja ada sedikit ketakutan menyelimuti, yaitu takut kuliah akan terlantar dan nilai malah turun drastis, berkat dorongan orang tua , Allhamdulillah, kuliah bisa menjalan dengan lancar malah sebaliknya nilai menjadi naik bahkan mencapai cumlaude.

Dari sini saya belajar, semua dimulai dari mencoba, menjalani  semuanya senang hati dan mengambil pengalaman yang didapat.

Petengahan 2010 saya resign dari Scriptmedia, banyak hal yang saya dapat dari sana, banyak pekerjaan yang saya kerjaaan dan banyak portfolio yang saya dapatkan. Saya memutuskan untuk berjalan bebas tanpa terikat dengan apapun yaitu mencoba berwirausahan menjadi “freelancer”.

Dengan membuat sebuat website portfolio “www.andwivalentine.com” dan memanfaatkan jaringan dan teknologi, saya bisa bertahan dengan perkerjaaan ini. Meski job yang saya dapatkan tidak sebanyak ketika saya bekerja di Scriptmedia tapi hak yang saja dapatkan jauh melebihi ketika saya bekerja, saya sangat nyaman dengan profesi ini.

Akhir 2010 saya mendapatkan tawaran dari salah satu instansi IT center di jogja bernama Bugs Traning Center, untuk menjadi instruktur pengajar di bidang web design, saya sangat senang sekali dapat tawaran lansung dari sang direktur. Saya coba jalani perkerjaan ini dan ternyata nyaman, senang bisa bertemu dengan orang-orang baru, setiap kelas yang saya dapatkan saya mencoba untuk akrab dengan siswa tersebut dan itu sangat menyenangkan.

Sekarang saya sedang membangun dan menjalankan sebuah company kecil bernama Hugel Development, sebuah company yang bergerak dibidang software house system informasi, mulai dari system informasi berbasis web, seperti company profile, e-commerse, e-government, sampai kepada system informasi berbasis desktop seperti Sistem informasi manajemen rumah sakit dan lainnya.

Selain itu saya juga menyempatkan diri untuk membagi ilmu kepada anak-anak Himarais (Himpunan anak anak remaja islam), saya mengajarkan beladiri karate kepada anak-anak tersebut.

Learning, Experience , and Future

“Kesuksesan bukan seperti pintu keluar masuk tetapi mirip sebuah tangga hidup”(Dootir Walters)”

Semua pengalaman yang saya jalani mulai dari masa lalu sampai masa sekarang membuat saya untuk bisa membentuk diri sendiri menjadi orang yang serba bisa. Apa saja yang bisa saya lakukan akan saya kerjakaan. Mulai dari berorganisasi, mengajar, bekerja, bertemu dengan oran-orang baru, dan berwirausaha.

Saya merasakan berwirausaha pada masa kuliah memang bukan kewajiban utama, tapi ketika kita mendapat kan peluang kita harus siap untuk menghadapinya. Semua itulah yang saya alami, dari semester awal berwirausaha hanya sebatas angan-angan saja, tapi semakin kesini semakin terasa penting bahkan menjadi kewajiban.

Mungkin hal yang sama juga dirasakan banyak mahasiswa UII lainnya, tidak hanya saya, banyak mahasiswa UII yang bisa jauh lebih berhasil dan berprestasi berwirausaha tanpa meningalkan kewajiban mereka menuntuk ilmu di Universitas.

Satu dari banyak mahasiswa UII yang berhasil tersebut adalah Alvin mahasiswa Fakultas Ekonomi UII angkatan 2007, beliau sukses membawa nama UII dalam ajang Wirausaha Mandiri 2010, dengan mendapatkan peringkat ke 2 kategori mahasiswa program diploma dan sarjana bidang usaha kreatif mandiri.

Tidak hanya Alvin masih banyak masiswa lain yang berhasil dibidang wirausaha sekalipun masih menjalani kuliah. Jadi, bagaimana dengan anda??

Saya disini hanya ingin menginspirasi teman-teman, dan mencoba mendeskripsikan bahwa semua itu tidak ada yang sulit, ketika kita mau mencoba, menjalani dan mengambil pelajaran dari apa yang kita kerjakan insyaallah mendapatkan hasil sesuai dengan harapan, semoga artikel ini bisa mendatangkan inspirasi, daya juang dan semangat baru bagi semua. Terima Kasih Untuk Universitas Islam Indonesia, Terima Kasih Untuk Lomba Blog Universitas Islam Indonesia, Terima Kasih untuk semua rekan-rekan yang mendukung saya. Thanks All.

Download Versi Word :  Klik Disini

Download Versi PDF : Klik Disini

Entry Filed under: Lomba blog UII

22 Comments Add your own

  • 1. moko INDONESIA Windows NT Mozilla Firefox 3.6.17  |  May 10th, 2011 at 5:31 pm

    salam kenal mas Andwi.. anda pasti sukses!

  • 2. khamiL INDONESIA Windows NT Mozilla Firefox 5.0  |  August 9th, 2011 at 8:21 pm

    selamat dan sukses ya…
    orang yang sukses akan mengambil manfaat dari kesalahan kesalahan yang pernah ia lakukan…

  • 3. irhdy Windows XP Mozilla Firefox 5.0.1  |  September 8th, 2011 at 11:52 am

    ^_^

  • 4. download smadav terbaru Windows XP Mozilla Firefox 5.0.1  |  September 11th, 2011 at 11:22 am

    wah bisa menjadi semangat ku nih :))

  • 5. inibudijepang Windows XP Mozilla Firefox 3.6.22  |  September 20th, 2011 at 2:07 pm

    mantab, setiap langkah itu bermasalah, tp mereka yang mau melangkahlah yg akan sukses..

  • 6. TOP 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia Windows XP Mozilla Firefox 4.0  |  September 22nd, 2011 at 1:39 am

    Tetap semangat, hidup adalah mimpi, dan saat bangun adalah saat di syurga nanti…

  • 7. asti Windows XP Mozilla Firefox 5.0.1  |  October 5th, 2011 at 2:43 pm

    Siippp…. Salam kenal & Sukses selalu. Semua pasti berawal dari suatu hal yg kecil, dngan harapan memperoleh berkah yg lebih besar. Amin….

  • 8. vio INDONESIA Windows XP Mozilla Firefox 6.0.2  |  October 7th, 2011 at 2:43 pm

    Hebat…suatu contoh yang patut ditiru oleh generasi muda bangsa…sukses selalu Mas…

  • 9. 10521066 INDONESIA Windows NT Safari 535.2  |  November 16th, 2011 at 6:19 pm

    hebat bgt ….

  • 10. miranda INDONESIA Linux Safari 534.13  |  December 6th, 2011 at 10:55 pm

    selamat dan sukses saya sangat ingin bertemu langsung dan menjadi partner anda

  • 11. David Brilliant Windows XP Mozilla Firefox 3.6.24  |  December 19th, 2011 at 11:24 am

    I really love your site. There are some very useful information here! Thanks for sharing.

  • 12. Yadi Windows XP Mozilla Firefox 3.6.25  |  January 9th, 2012 at 4:37 pm

    Sebuah kisah yang inspiratif.

  • 13. Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia Windows XP Mozilla Firefox 6.0.2  |  January 17th, 2012 at 9:56 am

    terimaksih gan atas motivasinya 🙂 salam kenal, dan kunjugan balik ya 🙂

  • 14. Teknik Windows NT Mozilla Firefox 8.0.1  |  January 20th, 2012 at 2:17 pm

    inspiratif bgt…..

  • 15. Semua Ada Di Sini INDONESIA Windows XP Mozilla Firefox 3.6.13  |  January 21st, 2012 at 7:28 pm

    sangat bagus bgt artikelnya

  • 16. kata kata mutiara tentang cinta INDONESIA Windows XP Mozilla Firefox 3.6.13  |  January 21st, 2012 at 7:32 pm

    selamat cita citanya sudah tercapai,semua berawal dari mimpi

  • 17. Update Status Facebook Via Blackberry AUSTRALIA Windows NT Mozilla Firefox 5.0  |  February 13th, 2012 at 2:21 am

    terimakasih ya, saya jadi termotifasi setelah membaca tulisan ini..salam kenal dari saya.

  • 18. Download One Piece 536 AUSTRALIA Windows NT Mozilla Firefox 10.0.2  |  February 21st, 2012 at 10:09 am

    terimakasih ya..
    ini sangat menginspirasi saya untuk selalu semangat 🙂
    salam kenal

  • 19. Download IDM 6.09 Full AUSTRALIA Windows NT Mozilla Firefox 10.0.2  |  February 21st, 2012 at 10:10 am

    terimakasih gan semangatnya..

  • 20. nelly shofi AUSTRALIA Windows NT Safari 534.3  |  March 1st, 2012 at 6:57 pm

    Hebat!!!
    Sukses Sllu mas,,,slm Knal,,,
    Oya jgn lupa ya kunjungi situsku,,,
    http://nellyaloevera.multiply.com/
    makasih
    🙂

  • 21. anonim Windows XP Mozilla Firefox 10.0.2  |  March 9th, 2012 at 7:20 am

    ini menjadi inspirasi untuk-ku,, trims mas,, sukses selalu,,
    >> Allah bless U,,,

  • 22. Healthy Life INDONESIA Windows XP Mozilla Firefox 3.6.13  |  April 11th, 2012 at 7:11 pm

    i will bookmasrk this article ,thank you for your post

Leave a Comment

Required

Required, hidden

*

Some HTML allowed:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Mereka Berkata

Tags

Links

Arsip

Say Thanks

Terima kasih telah berkunjung. Mohon maaf apabila telat atau terlewat menjawab komentarnya. Lain kali mampir lagi ya.

Yang sedang mampir ...


Page Rank
PageRank



- Tanda tangan - © apvalentine.2008-2010.