FireStats error : Database error: Error establishing mySQL database connection:php_network_getaddresses: getaddrinfo failed: Name or service not known in /home/students/public_html/wp-content/plugins/firestats/lib/ezsql/mysql/ez_sql_mysql.php on line 98

MySQL Version:
SQL Query:
INSERT DELAYED INTO `plugin_firestats_pending_data` ( `timestamp`, `site_id` , `user_id`, `url` , `referrer` , `useragent` , `ip` ) VALUES ( NOW(), 86, NULL , '', '', '', '' )

Cagar Budaya Jambu Lipo Kec. Lubuk Tarok

November 14th, 2008


Kerajaan Jambu Lipo di Kec. Lubuk Tarok kurang lebih 20 Km dari Muaro Sijunjung, merupakan cagar Budaya Kerajaan Minangkabau tempoe doeloe yang nyaris terlupakan dan kurang dipublikasikan. Mengenal lebih jauh tentang Kerajaan Jambu Lipo, terlebih dahulu ada baiknya kita mengetahui tentang Kec Lubuk Tarok.

Kec Lubuk Tarok meliputi 3 nagari yaitu Lalan, Buluh Kasok dan Lubuk Tarok. Berdasarkan data dari kantor BPS Swl-Sijunjung Tahun 2006 jumlah penduduk 13.258 orang terdiri 3.690 KK, penduduk miskin 3.976 orang ( 29,99% ). Selain adat istiadatnya yang masih kuat, banyak rumah-rumah adat dipertahankan keberadaannya. Mata pencaharian penduduk setempat bertani dan berkebun, sebagian juga banyak yang merantau ke Negeri Jiran Malaysia, tingkatan ekonominya sudah membaik. Masalah SDMnya boleh dikatakan sudah maju, banyak orang Lubuk Tarok yang menduduki jabatan penting di pemerintahan , tingkat Kab/Kota Sumatera Barat/tingkat pusat maupun menjadi anggota Kepolisian dan TNI.

Kec Lubuk Tarok termasuk….. kecamatan termuda, hasil pemekaran Kec Sijunjung dan sudah difinitif. Masalah pendidikan, baik SD-SMP dan SMA baru sudah dibangun pada tahun 2007. Untuk pelayanan kepada masyarakat Kantor Polsek Lubuk Tarok juga sudah ada. Untuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Lubuk Tarok sudah ada Puskesmas Pembantu dan setiap Nagari juga sudah ada Puskesmas Pembantu. Alat transportasi dari kendaraan roda 2 sampai kendaraan bus juga sudah sampai ke Lubuk Tarok, kesimpulannya tidak ada kendala ke Lubuk Tarok.

Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Kec Lubuk Taruk mulai dibangun kebun sawit 500 hektar oelh PT. Sasindo. Sekarang dalam tahap pekerjaan membuatan pembibitan seluas 4 hektar Lubuk Tarok Dengan Cagar Budaya Kerajaan Jambu Lipo.
Sebagai Kampuang Tuo (Desa yang sudah tua), Lubuk Tarok memiliki Cagar Budaya Kerajaan yang bernama Jambu Lipo. Peninggalan sejarahnya sampai sekarang masih ada dan terawat dengan baik, “Rumah Gadang 24 Ruang” dan bekas Rumah Rajo Jambu Lipo. Sayangnya salah satu kekayaan Kerajaan Jambu Lipo yang merupakan Stempel Kerajaan sudah hilang entah kemana.

Membicarakan rumah gadang 24 ruang, sudah di lakukan Rehab dengan dana dari Pemkab Sijunjung beberapa tahun lalu masih dalam kepemimpinan H. Darius Apan. Pemkab Swl-Sijunjung menyadari bekas Kerajaan Jambu Lipo merupakan asset cagar budaya di Kab Swl-Sijunjung keberadaannya perlu di pertahankan dan dilestarikan.

Peninggalan Kerajaan Jambu Lipo, termasuk Lesung panjang menumbuk padi sewaktu ada acara Adat Nagari misalnya Tagak Gala Pangulu , beberapa kaum wanita menumbuk padi memakai alu bergantian, sehingga menimbulkan musik Perkusi yang betul-betul orisinil diiringi dengan syair-syair yang indah sekali. Didalam menumbuk padi bergantian, rombongan pertama 15 orang, rombongan kedua juga sama dan seterusnya. Selain kesenian tradisional, Randai, Saluang, Rabab, juga ada tari spesifik Lubuk Tarok yaitu tari pedang yang tidak ada kecamatan lainnya.

Entry Filed under: Kaba dari Sijunjung,Kerajaan,Sijunjung

7 Comments Add your own

  • 1. Kerajaan Jambu Lipo &laqu&hellip  |  February 28th, 2010 at 4:45 pm

    […] http://apvalentine.students.uii.ac.id/cagar-budaya-jambu-lipo-kec-lubuk-tarok/ […]

  • 2. aspermato INDONESIA Windows XP Mozilla Firefox 3.5.2  |  March 7th, 2010 at 3:19 pm

    SANGAT MENARIK KARENA TERNYATA nUSANTARA iNDONESIA MEMPUNYAI SEJARAH MASA LAMPAU YANG SANGAT BANYAK SEKALI WALAUPUN YANG TERBESAR TERDENGAR ADALAH MAJAPAHIT, SRIWIJAYA, DLL.

    Reply : ia,. indonesia kaya akan wisata sejarah nan indah,.. termasuk di sijunjung tempat kelahiran saya

  • 3. pikri chaniago Windows NT Internet Explorer 8.0  |  December 10th, 2010 at 10:53 pm

    yo sungai jodi jo lubuak nikek
    luruihlah jalan ka koto tuo
    jiko lai ado kami basalah tolong maafkan urang nan tingga

    Reply : smo2, marilah kito saling mamaafkan, .

  • 4. pikri chaniago Windows NT Internet Explorer 8.0  |  December 10th, 2010 at 10:54 pm

    yo yo mari tua dan muda bernyanyi untuk persenal lubuk tarok

    Reply : mari mari, betuul sekali

  • 5. dr, amri anton Windows XP Mozilla Firefox 3.6.12  |  January 2nd, 2011 at 3:06 am

    tak lagi yang harus ku komen

    Reply :wah,. knpa pak dokter ?? .

  • 6. neta Windows XP Mozilla Firefox 8.0.1  |  January 25th, 2012 at 6:37 pm

    Baru dengar ada kerajaan jambu lipo dilubuk tarok,,padahal lagi ptt di lub.tarok ini dan kebetulan juga orang sijunjung(kurang gaul he..he)
    makasih infonya….

  • 7. neta Windows XP Mozilla Firefox 8.0.1  |  January 25th, 2012 at 6:39 pm

    Baru dengar ada kerajaan jambu lipo dilubuk tarok,,padahal lagi ptt di lub.tarok ini dan kebetulan juga orang sijunjung(kurang gaul he..he)
    makasih infonya…..

Leave a Comment

Required

Required, hidden

*

Some HTML allowed:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Mereka Berkata

Tags

Links

Arsip

Say Thanks

Terima kasih telah berkunjung. Mohon maaf apabila telat atau terlewat menjawab komentarnya. Lain kali mampir lagi ya.

Yang sedang mampir ...


Page Rank
PageRank



- Tanda tangan - © apvalentine.2008-2010.