FireStats error : Database error: Error establishing mySQL database connection:php_network_getaddresses: getaddrinfo failed: Name or service not known in /home/students/public_html/wp-content/plugins/firestats/lib/ezsql/mysql/ez_sql_mysql.php on line 98

MySQL Version:
SQL Query:
INSERT DELAYED INTO `plugin_firestats_pending_data` ( `timestamp`, `site_id` , `user_id`, `url` , `referrer` , `useragent` , `ip` ) VALUES ( NOW(), 86, NULL , '', '', '', '' )

Posts filed under 'Catatan Perjalanan Pendakian'

Catatan Perjalanan Pendakian Gunung Lawu 3265 DPL “Muncak Bareng SNIPER 08″

Hari -1 “Pre Mount”

Pendakian ini  sudah direncanakan sekitar 1 bulan sebelum hari H, planning awal adalah pendakian bareng dengan destiny ke Gunung Argopuro, tapi setelah di rembukin lagi sampai kepada keputusan ke Gunung Lawu.

Sembari menjalankan sisa sisa UTS (Ujian Tengah Semester), semua persiapan juga mulai dilaksanakan, dari mendata anak anak sniper yang akan ikut sampai kepada packing. (more…)

3 comments April 24th, 2010

Pendakian Gunung Lawu 3265 Dpl ” Muncak Bareng Sniper 08″ Succesfull

Allhmdllah , succesfull sudah Muncak Bareng SNIPER 08, banyak pelajaran dan pengalaman yang di dapat, thanks to 21 teman SNIPER ’08 yang lain nya, kalian memang luar bisa, thank very much to ALLLAH SWT yg telah meridhoi dan mmberi perlindungan pendakian kali ini. “WONDERFULL JOURNEY” (GUNUNG LAWU, 3265 DPL, 16-18 April 2010). Posting ini hanya sekedar expresi rasa syukur, baru sampai JOGJA lagi setelah dari basecamp Gunung Lawu (CEMORO KANDANG) jam 14.30 tadi. Ne juga blm mandi, insyaallah slesai mandi dan makan saya akan posting CAPER ( catatan perjalanan) gunung lawu. Chek Next Post, Please.

Add comment April 18th, 2010

Pendakian Merapi ke 3 “Pendakian SOLO”

Pendakian ini merupakan pendakian ke 10 di pulau jawa dan untuk ke 3 kalinya pendakian gunung merapi.

Berawal dari sebuah ajakan teman yang bertemu saat pendakian G. Ceremai Tahun lalu, berasal dari tangerang (DIDU). Pada hari Rabu malam beliau chating dengan saya dan berniat mengajak melakukan pendakian G. merapi, dengan spontan saya lansung menjawab OK, lalu beliau membalas “bsk saya tunggu di Basecamp”, dan seketika Didu lansung off. (more…)

1 comment April 11th, 2010

Catatan Perjalanan Pendakian Gunung Sindoro 3153 Mdpl , 26-27 Januari 2010

Pendakian ke 9 skaligus pendakian pertama di tahun 2010, sempat ragu karena cuaca yang kurang bersahabat, kota jogja di guyur hujan, jam 10an baru berhenti bermodal dengan sebuah posting tentang pendakian gunung sindoro jalur kledung, malam 25 Januari 2010, tepat jam 10.00, saya beserta 3 orang teman yang terdiri dari Aulia Rahman, Ahmad Zulfikar, dan Ali berangkat menuju wonosobo, tengah malam jam 00.00 nyampe basecamp gunung sindoro , malah basecampnya tutup, dan basecamp gunung sumbing pun jadi alternatif untuk beristirahat, nyampe basecamp sumbing malah dikunci oleh para pendaki dari jakarta gak mau bukain pintu. Kebetulan mushala berada di utara basecamp buaka , dan t4 beristirahat malam itu pun akhirnya di sebuah mushala yg sederhana. (more…)

14 comments January 30th, 2010

Gunung Sindoro 3153 Mdpl , Kledung Wononsobo Jawa Tengah

Gunung Sindoro memiliki ketinggian 3.153 mdpl (meter dari permukaan laut) gunung ini sering menjadi tujuan utama para Pecinta Alam, terutama untuk melakukan ekspedisi Triple S (Slamet, Sumbing, Sindoro). Medan yang terjal, panasnya sengatan matahari serta tidak adanya sumber air menjadi tantangan utama dalam pendakian. Seringkali pendaki tidak bisa melanjutkan pendakian karena kehabisan air minum. Sebaiknya Pendikian Gunung ini di lakukan pada musim penghujan, seperti bulan November, Desember dan Januari (more…)

29 comments January 30th, 2010

Cerita Usang di Balik Jambore Petualang Indonesia

Seminggu sudah jamboree petualang Indonesia berlalu, tapi baru sempat posting sekarang, Gak apa lah dari pada gak sama sekali . berawal dari

Kamis , 6 Agustus 2009

Hari itu sangat mendadak bagi ku, gak ada persiapan sama sekali , karena hari itu kerjaan numpuk , mau packing gak sempat , malamnya, mau brangkat jam 7 an baru sempat packing, slese packing lansung jemput teman “ Hadiman” , aku sering panggil dirinya Dim-dim, ku samperin tuh kos anak Kalimantan satu ini, dia juga dah packing, kita lansung berangkat ke Stasiun Lempuyangan “kereta ekonomi” tiketnya 26 ribu, biar lebih irit, Hikkkksss. Kami buru buru menuju stasiun soalnya dah telat , 5 menit lagi kereta berangkat , dan akhirnya sampai tepat waktu.

Suasana Stasiun di penuhi para petualang dari jogja yang ikut Jambore Petualang Indonesia (JPI) 2009. Disana ku bertemu dengan teman teman tim jambore : Riansyahdiana “ Aa”, Aulia Rahman “ Aul” , M. Januario “Rio” dan Hasnely “inel” , tapi teman ku yang satu lagi belum datang juga, parah ne anak , padahal kereta dah mau berangkat , tiket buat tuh anak juga dah di beliin. Teman teman ku yang lain dah menuju kereta , ya udah ku titip mba ku ja tiketnya , berharap nanti kalo dia datang ketemu mba ku bisalansung ambil tuh tiket, eh dia nya malah lewat samping , akhirnya dia gak ambil tiketnya. Untung ja dia ma rombongan timnya juga, mereka duduk di restorasi, jd bisa beli tiket di atas, katanya.

Jum’at 7 Agustus 2009

Perjalanan 11 jam di kereta cukup melelah kan, Kami sampe di stasiun Kiara Condong Bandung sekitar jam 08.00 Pagi, Rasa lapar tak bisa di tahan lagi, bermula mencari ATM mandiri dan lansung cari tempat makan , setelah makan kami menuju Terminal Leuwi Panjang via angkot dengan ongkos Rp. 4.000,-per orang , sampai terminal kami mencari mesjid untuk istirahat yang kebetulan mesjid berada di depan terminal sembari menunggu azan shalat jum’at berkumandang kami pun mencari WC umum untuk bersih-bersih diri alias mandi, setelah shalat jum’at telah di tunaikan, kami bersiap berangkat menuju Terminal Ciwidey, berjalan dari mesjid menuju tempat mangkal bus ke Ciwidey, disinilah kamu bertemu dengan para petualang dari Jakarta, Mereka adalah Muhamad Satryo nugroho “Trio”, Putia Sari “Tia” dan Angga Cipta “Angga”, sedikit percakapan dan perkenalan pun terjadi dan mengambil sebuah keputusan berangkat bareng menuju Ranca Upas via Bus dengan ongkos Rp. 5.000,-. Setelah duduk sekitar 2 jam di bus, kami sampai jua, di terminal ciwidey, perjalanan belum berakhir di sini, kami harus melanjutkan perjalanan menuju bumi perkemahan Ranca Upas via angkot lagi dengan ongkos Rp. 6.0000,- per orang.

Pejalanan dari terminal Ciwidey ke Ranca Upas cukup jauh, jalan yang menanjak memaksa angkot kami untuk berkerja keras menaklukan tanjakan tanjakan itu, 1 jam berlalu, akhirnya sampai juga di Bumi perkemahan Ranca Upas, sekitar jam 04.00 sore, sesampai di Ranca Upas kami berpoto dulu sebagai tanda selamat datang “First photo” di Ranca Upas.


Setelah berfoto ria, kami lansung ke secretariat JPI untuk melakukan registrasi ulang, registrasi pun telah selesai kami berlanjut mencari tempat untuk mendirikan tenda, Aku dan tim ku berada di Camp Udara sedangkan Tim satu lagi dengan tenda Spinx nya yang unix berada di camp tanah.

Tenda pun mulai di didirikan, begitu juga tim tenda spinx, setelah tenda berhasil berdiri , kami pun mencari kamar mandi untuk bersih bersih diri tak ketinggalan juga diriku.


Malam pun datang cahaya matahari juga berganti dengan cahaya rembulan, para petualang dari pelosok Indonesia mulai berdatangan dan mencari tempat camp mnereka, sedangkan kami bersiap untuk membuat api unggun, mencari kayu bakar dan akhirnya di beli juga dan bantuan tim dari Jakartapun datang, dengan senang hati membawa bensin, sehingga api unggung pun nyala dengan sempurna.


Malam semakin larut, api unggun mulai meredup dan mata jg mulai sayu, waktu yang tepat untuk istirahat.

Sabtu 8 Agustus 2009

Bangun pagi, sekitar jam 7 an, ternyata dah rame banget di sekeliling tenda kami dah pada yang ngisi camp, kami bersiap untuk mandi karena pembukaan Jambore Petualang Indonesia akan segera di mulai, panitia menyediakan pemandian air panas , yang berada tak jauh dari tempat camp, antrian mandi pun di mulai, walaupun cuma sebentar. Air panas nya asik banget, sampai- sampai aku mandi nyaris hampir satu jam, begitu juga dengan teman-teman ku.

Setelah mandi , kami sarapan dengan segelas kopi panas dan di sertai semanggkuk mie instan buatan sendiri, eh lagi enak- enaknya makan , tiba-tiba ada panggilan dari panitia yang menyuarakan Upacara pembukaan JPI akan segera di mulai di harapkan semua peserta agar dapat ber kumpul di lapangan depan pentas yang telah di sediakan, kami menuju lapangan tersebut untuk menghadiri upacara pembukaan . Upacara di mulai dengan sambutan dari mentri , sambutan ketua pelaksana dan acara penutup dengan tarian tradisional Sunda.

Berlanjut ke acara pengenalan koordinar dari masing masing pilihan kegiatan mulai dari Penanganan Ular, Survival, Sepeda, Navigasi, Jurnalistik Alam , Photografi alam dan keluarga, setelah pegenalan koordinator, masing masing memisahkan diri sesuai kegiatan yang di pilih, saya , trio, putia dan Inel memilih penanganan ular (photo ular), kami semua di beri materi tentang pengenalan ular, panas nya terik matahari membuat kita kurang semangat, dan setelah 1 jam mendengarkan pemateri, kami berjalan menuju hutan dengan tujuan identifikasi ular sesampai di tengah hutan kami di beri pengarahan tentang cari penanganan gigitan ular sampai ke acara bagi-bagi hadiah, kami kembali menuju camp tempat berkumpulnya kelompok penanganan ular, disini di mulai cara penangkapan ular mulai dari ular cobra, king cobra , phiton, dan jenis ular lain nya, tak ketinggalan pula host dari trans 7 Prita dan Shifa Kumala. Acara pun jd semakin seru, semua anggota boleh mencoba menangkap ular, tak terkecuali diriku, aku memilih untuk menaklukkan sang king cobra, para pembimbing mulai mengeluarkan si king cobra dari kandangnnya, dan saat itu juga binatang melata itu berada tepat di depan ku, dengan kepala berdiri dan menatap kaki ku begitu tajam, perlahan ku coba belai kepala nya dan dengan perlahan serta waspada, aku mencoba membelai dan menangkap kepalanya, ternyata berhasil , dan akhirnya aku telah menaklukan king kobra itu. Hahaaahaa

Acara pilihan berakhir , selanjutnya kami berfoto-foto ria, dan tak ketinggalan berpose dengan crew dan host jejak petualang trans 7,(bersambung dlu yakk!!!)

3 comments August 25th, 2009

Hidupkan Lingkungan Hidup


L
ingkungan , ya kata yang tepat untuk mengawali posting ini, apa jadinya jika lingkungan kita rusak, sunyi, sepi, ngak ada hijau hijaunya, kotor dan penuh kesuraman? anda bisa membayangkan bila semau itu terjadi. tapi sapa yang mau lingkugan mereka jadi seperti itu. seandainya bisa memilih pasti semua orang akan menghidarinya, eehh kenyataanya tidak seperti itu, masih ada ja sebagian orang sampai sekarang ngak sadar sadar apa bahaya kerusakan lingkungan tersebut. nahh, dalam suasana Hari Lingkungan Hidup Se dunia ini, saya berusaha menyadarkan satu dari banyak orang yang belum sadar meski yang bisa saya lakukan untuk saat ini hanya membuat sebuah tulisan ini.

Pada posting sebelumnya tentang hari bumi. saya sedikit menjelaskan tentang asal usul Hari bumi , dan ternyata asal usul hari bumi tak jauh berbeda dengan asal usul Hari Lingkungan hidup Se dunia. bagi yang belum sempat membaca saya akan mengulasnya kembali.


Sedikit kembali ke masa lalu tepatnya pada tahun 1970. Pada tahun inilah asal usul hari bumi, bermula dari suatu kejadian di negara jepang tepatnya di teluk minamata. banyak penduduk disana menderita penyakit yang di duga akibat pencemaran lingkungan oleh unsure logam berat Merkuri atau air raksa. sehingga sekarang penyakit tersebut bernama penyakit minamata sesuai dengan asal muasalnya.

Peristiwa ini di picu oleh pencemaran air laut oleh sebuah industry kimia selama puluhan tahun membuang limbah Merkuri ke dalam laut mengakibatkan tercemarnya mahkluk laut seperti ikan , sifut dan kerang. tanpa disadari manusia dan hewan darat seperti kucing menjadi tempat terakhir penumpukan merkuri akibat mengkonsumsi ikan, kerang dan semua makhluk yang ada di minamata. Meskipun sekarang penyakit minamata tidak merajalalela namun pengalaman minamata dan bencana alam akibat ulah tangan manusia member kita pelajaran bahwa merusak bumi dan lingkungan itu bisa mengakibatkan malapetaka kerena prihatin terhadap kerusakan bumi, pada tangal 22 April 1970 Senator USA Gaylord Nelson memulai kegiatan peduli lingkungan, pada hari itu lah hari bumi pertama kali di canangkan.

 

Hari Lingkungan didasarkan dari Konferensi PBB mengenai Lingkungan hidup yang diselenggarakan pada tanggal 5 Juni 1972 di Stockholm,sehingga tanggal konferensi tersebut ditetapkan sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Indonesia juga ikut terlibat dalam konferensi tersebut dengan hadirnya Prof. Emil Salim yang pada saat itu menjabat sebagai Kepala Bappenas.


yah , begitu lah sedikit penggalan cerita tentang Asa Usul hari bumi dan Lingkungan Hidup. sekarang apakah anda ngak ingin lingkungan anda nyaman, bersih, hijau dan enak dipandang?

Apakah anda ngak ingin seperti sang senator Mas nelson yang melakukan kegiatan kegiatan peduli lingkungan?
semuah jawabannya ada di tangan dan dihati anda….!!!!!!!!!!!!

2 comments June 7th, 2009


Mereka Berkata

Tags

Links

Arsip

Say Thanks

Terima kasih telah berkunjung. Mohon maaf apabila telat atau terlewat menjawab komentarnya. Lain kali mampir lagi ya.

Yang sedang mampir ...


Page Rank
PageRank



- Tanda tangan - © apvalentine.2008-2010.