FireStats error : Database error: Error establishing mySQL database connection:php_network_getaddresses: getaddrinfo failed: Name or service not known in /home/students/public_html/wp-content/plugins/firestats/lib/ezsql/mysql/ez_sql_mysql.php on line 98

MySQL Version:
SQL Query:
INSERT DELAYED INTO `plugin_firestats_pending_data` ( `timestamp`, `site_id` , `user_id`, `url` , `referrer` , `useragent` , `ip` ) VALUES ( NOW(), 86, NULL , '', '', '', '' )

Penemuan Candi Tua Di Area Kampus UII

December 13th, 2009


S

abtu (12/12/09). Pagi itu saya berangkat kuliah muamalah, terlebih dahulu saya mengantar kakak yang juga kuliah di Magister Profesi Psikologi UII, setelah mengantar beliau , saya bergegas menuju FTI UII, dan tiba-tiba motor saya berhenti mendadak (kehabisan bensin), di daerah dekat perpustakaan yang baru di mulai bangun.
Aneh terasa sesaat saya melihat sekelompok orang (orang desa sekitar) berbondong minta izin satpam untuk masuk ke dalam areal pembangunan itu, tapi karena saya terlambat jadi terlalu memikirannya, setelah pulang kuliah kebetulan buka facebook, tiba tiba di live feed status salah satu teman , menyuarakan bahwa di temukannya candi di area pembangunan perpustakaan kampus Universitas islam Indonesia.
Dengan inisiatif sendiri saya mencoba bertanya kepada mas google, dan ternyata beliau menjawab dengan memberikan link dari KOMPAS.com, berikut kutipan berita dari Link tersebut :
Sebuah struktur yang diduga kuat sebagai bagian dari candi zaman Mataram Kuno ditemukan dalam suatu penggalian proyek pembangunan perpustakaan di kampus Universitas Islam Indonesia, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (12/12/09). Candi itu diperkirakan berusia lebih dari seribu tahun dan kemungkinan berstruktur besar.
Awalnya, candi ditemukan oleh pekerja proyek yang tengah menggali tanah untuk kolom-kolom fondasi tiang bangunan perpustakaan baru di kampus UII Jalan Kaliurang. “Penemuan terjadi Jumat pagi kemarin, awalnya pekerja mengira itu batu biasa. Tapi setelah digali lebih jauh, ternyata batu itu ada ukiran-ukirannya,” ujar Asnawi salah satu staf pengawas proyek.
Dari 24 kolom berukuran 3 x 3 meter dengan kedalaman 3,5 meter itu, tiga kolom di antaranya terdapat batu-batu candi. Satu bagian yang diduga sebagai pinggiran candi masih tersusun rapi dengan panjang 2,7 meter dan lebar 50 centimeter.
Beberapa batuan candi ada yang rusak karena penggalian sempat menggunakan alat berat. Tadinya, kolom fondasi ini hanya akan digali sedalam 3 meter. Tapi karena ada perubahan rencana, maka ditambahkan kedalamannya 50 centimeter. “Kalau tidak ada penambahan itu, kemungkinan candi ini tidak akan terungkap,” ujar Asnawi.
Ketua Kelompok Kerja Perlindungan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Yogyakarta Indung Panca Putra langsung menurunkan tim ke lapangan pada Sabtu pagi. Indung juga mengatakan telah meminta pelaksana proyek dan pihak kampus untuk menghentikan sementara pembangunan perpustakaan itu untuk penelitian lebih jauh terhadap candi tersebut.
Dari perkiraan sementara, Indung juga mengatakan candi itu berasal dari abad IX-X Masehi pada zaman kerajaan Mataram Kuno. Namun, raja yang memerintahkan pembangunan serta fungsi candi ini, apakah untuk pemakaman atau pemujaan, masih harus diteliti lebih jauh.
Setelah membaca kutipan di atas saya sadar, ternyata orang orang yang berbondong masuk ke area pembangunan Perpustakaan UII itu ingin melihat bentuk candi yang ditemukan. 🙂

Entry Filed under: News,Uii

19 Comments Add your own

  • 1. Lina Kartika Windows XP Opera 9.63  |  December 13th, 2009 at 7:57 am

    Weizzz UII bisa jadi terkenal ne…

  • 2. Dhadit INDONESIA Windows XP Mozilla Firefox 3.0  |  December 13th, 2009 at 10:42 am

    seep…arsitektur kuno, ditemukan lagi..hal bagusnya, kita tambah pengetahuan lagi. yang dikhawatirkan, kampus uii dipindah gak ya nantinya?hehe…Wallahi,,

  • 3. prasetya INDONESIA Windows NT Mozilla Firefox 3.5.2  |  December 13th, 2009 at 6:42 pm

    wah kampusku bisa jadi terkenal bukan hanya cewek2 nya yg cantiq2 dn cowoknya keren2 tapi juga menjadi satu bagian dari sejarah masa lalu juga nie hehehhehehehhe

  • 4. Wong TURKEY Windows Vista Internet Explorer 7.0  |  December 13th, 2009 at 7:16 pm

    Mangtaf….ini bisa jadi salah satu daya tarik UII kalau memang benar candi yang berkualitas…..bravo UII

  • 5. ian INDONESIA Windows XP Mozilla Firefox 3.0.1  |  December 13th, 2009 at 10:54 pm

    wah bisa kuliah di uii sambil buka bisnis ni,,,

    jd pedagang makanan n minuman lumayan menguntungkan,,,status mahasiswa di pending dulu aj kali ya,,,,

    tapi ntar kalo mw kuliah mesti bayar tiket pariwisata gak yah,,,,

  • 6. Hafidz Choyruddin INDONESIA Windows XP Mozilla Firefox 1.5.0.12  |  December 13th, 2009 at 11:01 pm

    lha mendingan ntr candinya ditaruh di dalam perpus, jd sekalian ntra banyak yg berknjng ke perpus.. .. ntr jgn lupa sediain tempat parkirnya… karcisnya.. biasya retribsinya jg.. SEPAKAAAT….!!!!!!!

  • 7. Aloeth Pathi INDONESIA Linux Mozilla Firefox 3.0.8  |  December 13th, 2009 at 11:18 pm

    yups.. mari kita telusuri masa lalu dengan penemuan Candi tersebut.. para Arkeolog siap2 dapat job baru nih..

  • 8. hariyanto INDONESIA Windows XP Internet Explorer 6.0  |  December 14th, 2009 at 11:50 am

    saya sebagai warga sekitar sempat terkejut ditemukannya candi di komplek Kampus UII tentunya ini menjadi Sejarah di UII disamping terkenal kampusnya Juga di Komplek ada Candinya tentunya ada daya tarik tersendiri.

    Reply : ia mas, slain tempat sarana perkuliahan , insyaallah uii bisa jadi t4 wisata.

  • 9. indrajaty INDONESIA Windows XP Mozilla Firefox 3.6b4  |  December 14th, 2009 at 10:38 pm

    uii selain kampus tapi juga tempat wisata…
    karna bersebelahan ma candi…
    n bener jadi terkenal….
    univ p1 diindonesia..
    terkenal karna ad candi…
    hohohohoho

    Reply : Bener bgt mas, mdh”n dengan penemuan candi ini membawa berkah buat uii.

  • 10. tarno INDONESIA Windows Vista Mozilla Firefox 3.5.2  |  December 15th, 2009 at 10:39 pm

    wah kalo candinya gede saya dapat penghasilan dari mana…
    ntr uii digusur.. kos2an saya g da yg tempatin dong..
    mahasiswanya ikut pindah

    Reply : heeee… tenang mas,.. insyallah gk bakal di gusur ko UII.

  • 11. asep wae ah.. INDONESIA Windows NT Mozilla Firefox 3.0.8  |  December 17th, 2009 at 1:15 am

    mudah2an di setujui sama pihak yg berwajib,,,dan berwenang ,,jadi nanti tu ada musium khusus di UII guna meletakan itu benda….

    Reply : ia, mas,. mdh”an saja, saya jg berharap begitu, sekarang pekembangan penggaliannya semakin signifikan

  • 12. Risti INDONESIA Windows XP Mozilla Firefox 3.5.2  |  December 22nd, 2009 at 9:01 am

    terkenal tanpa pasang iklan

    Reply : Bener bgt,.. heee,. kmrn team expedition metro tv adain liputan khusus tentang candi tsb,.. nnt kan?

  • 13. Ditemukannya Patung Ganes&hellip  |  December 23rd, 2009 at 10:28 am

    […] sempat di kejutkan dengan penemuan bagian kecil dari sebuah candi di areal pembangunan perpustakaan uii pada 12 Desember lalu, namun sekarang proyek itu berubah menjadi sebuah proyek penggalian candi. […]

  • 14. Penemuan Candi Yang Telah&hellip  |  December 23rd, 2009 at 10:54 am

    […] sempat di kejutkan dengan penemuan bagian kecil dari sebuah candi di areal pembangunan perpustakaan uii pada 12 Desember lalu, namun sekarang proyek yang awalnya bertajuk pembangunan perpustakan sekarang […]

  • 15. su.... INDONESIA Windows XP Mozilla Firefox 3.5  |  December 26th, 2009 at 11:40 pm

    bkal donrak popularitas

    Reply : ia ne… mdh mdhan,…

  • 16. full INDONESIA Windows XP Mozilla Firefox 3.0  |  December 28th, 2009 at 11:09 pm

    jayus ..
    mke acra bensin sbis lg ..

    Reply : hahahhahaahaa….

  • 17. nanta CANADA Blackberry 8520  |  January 27th, 2010 at 12:17 am

    Untung kampusku gak di sana, heheheh, tpi misal di gusur ntar month wisuda dimana nih??
    Jangan laahhh…
    🙂

    Reply : heeee.. insyaalah gk bakal di guyur ko,.. menurut saya penggalian candi UII ini di utamakan kepada daerah yang blm ada bangunannya.

  • 18. imel NORWAY Opera Mini 8.01  |  February 26th, 2010 at 7:14 am

    ycgh untung ajgh pokok nya apa yg udagh dpat celalu dhi manfaat kand
    kapanlagi

    Reply : ia tuh,. bener bgt, tpi skrang masih di tutup, gk tau jg knpa sebabnya, penggalian jg dah gk di lanjutkan

  • 19. nda INDONESIA Windows NT Mozilla Firefox 3.6.3  |  June 22nd, 2010 at 1:33 pm

    wahh,,,hebat…
    bisa sekalian jadi tempat wisata tuh ui,,hehe

Leave a Comment

Required

Required, hidden

*

Some HTML allowed:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Mereka Berkata

Tags

Links

Arsip

Say Thanks

Terima kasih telah berkunjung. Mohon maaf apabila telat atau terlewat menjawab komentarnya. Lain kali mampir lagi ya.

Yang sedang mampir ...


Page Rank
PageRank



- Tanda tangan - © apvalentine.2008-2010.