FireStats error : Database error: Error establishing mySQL database connection:php_network_getaddresses: getaddrinfo failed: Name or service not known in /home/students/public_html/wp-content/plugins/firestats/lib/ezsql/mysql/ez_sql_mysql.php on line 98

MySQL Version:
SQL Query:
INSERT DELAYED INTO `plugin_firestats_pending_data` ( `timestamp`, `site_id` , `user_id`, `url` , `referrer` , `useragent` , `ip` ) VALUES ( NOW(), 86, NULL , '', '', '', '' )

Review dan Tutorial Aplikasi Music Rhythmbox Ubuntu 10.10

November 25th, 2010

Pada posting yang lalu kita sudah membahas mengenai konfigurasi apa saja yang di lakukan setelah kita menginstall OS ubuntu 10.10, kembali ke review dan tutorial lagi untuk posting kali ini, yaitu mengenai Fitur  / Aplikasi Rhythmbox yang di sediakan oleh Ubuntu ini.  Lansung saja ke topik permasalahan.

Apa itu Rhythmbox ??

Rhythmbox
Rhythmbox merupakan default dari music player di Ubuntu. Fitur-fiturnya antara lain:
  • Mudah digunakan sebagai browser musik.
  • Dapat menyortir dan mencari lagu-lagu.
  • Mendukung format audio komprehensif melalui GStreamer.
  • Dapat digunakan sebagai Internet Radio dengan dukungan last.fm stream.
  • Playlist.
  • Tampilan audio visualisasi.
  • Transfer musik ke dan dari iPod, MTP, dan USB Mass Storage.
  • Dapat menampilkan album lagu dan informasi unduhan lagu dari internet.
  • Secara otomatis mengunduh podcast audio.
  • Menjelajah, pratinjau, dan mengunduh album dari Magnatune dan Jamendo.

Gunakan USC untuk menambahkan codec multimedia Rhythmbox

Agar Rhythmbox dapat berjalan dengan baik di Ubuntu, pastikan codec-codec multimedia yang dibutuhkan sudah terinstall (baca tutorialnya di sini dan disini atau gunakan Ubuntu Software Center untuk menginstall codec GStreamer).

Tutorial Memberikan Lirik Lagu Di Rhythmbox

Edit – Plugins – Song Lyrics – Configure

Agar Rhythmbox dapat memberikan lirik lagu yang sedang kita putar, pertama kita aktifkan dulu plugins-nya melalui Edit – Plugins dan centang opsi Song Lyrics. kemudian lakukan konfigurasi Song Lyrics (klik configure). Aturlah Search Engines Lyrics yang kita sukai dan tempatkan folder Lyrics di /home/nama_user/.lyrics atau di folder yang ada suka.

Menambahkan Lirik Lagu Secara Manual di Rhythmbox

Klik kanan pada lagu untuk mengedit

Bila Rhythmbox gagal mendapatkan lirik lagu via Search Engine Internet, kita dapat menambahkan lirik lagu tersebut secara manual. Caranya klik kanan lagu dan pilih “Properties” lalu pilih tab “Lyrics” dan klik “Edit” untuk menambahkan lirik lagu lalu “Save”. Lirik lagu akan di simpan di direktori /home/nama_user/.lyrics.

Klik edit lalu tambahkan liriknya, kemudian save

Kita juga dapat mengedit lirik yang terdapat di direktori tersebut melalui Text Editor semacam Gedit, Bluefish dan lain-lain.

Tutorial Mengaktifkan Jamendo dan Magnatune Store Di Rhythmbox

Jamendo adalah situs musik gratis di mana kita lagu-lagunya berlisensi Creative Commons  atau Free Art License, kita diperbolehkan untuk mendownload dan juga melakukan streaming Jamendo.

Magnatune Store merupakan American independent record label yang berpusat di Berkeley, California Amerika Serikat. Magnatune Store hanya melayani penjualan musik melalui website. Semboyan mereka adalah “we are not evil” dan sesuai dengan semboyan mereka, Magnatune Store “tidaklah jahat” karena mengijinkan kita untuk melakukan streaming lagu tanpa harus membayarnya. Dengan kata lain Magnatune Store merupakan pioner dalam “perdagangan musik yang adil”, konsumen diperbolehkan mendengar lagunya terlebih dahulu (melalui streaming secara full dan gratis).

Untuk mengaktifkan Jamendo dan Magnatune Store, pastikan plugin-nya sudah terinstall (Edit – Plugins dan beri tanda centang pada opsi Jamendo serta Magnatune Store).

Tutorial Menjalankan Podcast di Rhythmbox

Podsiar (bahasa Inggris: podcast) atau siaran web tan-alir (non-streaming webcast) adalah serangkaian berkas media dizital (baik audio maupun video) yang diterbitkan sewaktu-waktu dan sering diunduh melalui penyalur-sedia web (web syndication). Kata ‘podcast’ menelantarkan istilah ‘webcast’ dalam bahasa sehari-hari, karena meningkatnya kegemaran iPod dan pasokan web (web feed) – Wikipedia Bahasa Indonesia.

Tambahkan feed podcast

Untuk menjalankan podcast di Rhythmbox yang kita butuhkan adalah alamat feed podcast itu, misalnya http://www.radiorodja.com/feed/podcast/. Cara menambahkan alamat podcast adalah dengan klik kanan podcast dan pilih “New Podcast Feed” dan isi dgn alamat feed podcast yang dituju.

Tutorial Menambahkan Saluran Radio Di Rhythmbox

Default saluran radio Rhythmbox adalah saluran luar negeri, bila ingin mendengar saluran radio lokal, kita dapat menambahkannya sendiri. Caranya adalah:

Klik kanan radio dan tambahkan url radio

Klik kanan pada radio dan tambahkan url radionya, misalnya “http://pramborsfm.com/_compile/playlist.m3u” tanpa tanda kutip.

Daftar sejumlah saluran radio online di Indonesia:

Prambors: Tempat Nak Muda Mangkal

http://pramborsfm.com/_compile/playlist.m3u

Radio Rodja: Saluran Tilawah dan Kajian Islam

Elshinta: News and Talk

http://www.elshinta.com/v2003a/elsh_streaming.asx

Rase FM Bandung

http://rase-fm.simaya.net.id:8200

Hard Rock FM:  Lifestyle Entertainment Station

mms://radio.vstreamer.com/hardrock – Jakarta
mms://202.148.11.104/hardrockfm – Surabaya

Elitra FM: Jogja’s Spirit

http://www.eltirafm.com/audio/stream/streamnew.m3u

Radio Sonora Surabaya – The Art of Information and Music Taste

http://www.sby.dnet.net.id/onlineradio/sonora.asx

Edit Title

http://www.elshinta.com/v2003a/elsh_streaming.asx

Agar mudah dikenali nama stasiunnya, maka beri keterangan, caranya dengan klik kanan (properties) stasiun radio yang dimaksud lalu edit Title dan Genre-nya.

Sampai disini dulu review dan tutorialnya kawan, semoga bermanfaat. 😀

Entry Filed under: Artikel,Linux,Tips dan Trick,Tutorial,Ubuntu

2 Comments Add your own

  • 1. Adriya INDONESIA Ubuntu Linux Mozilla Firefox 3.6.10  |  April 11th, 2011 at 4:24 pm

    Thanks nih infonya.. Btw kalo mau streaming HardRock mesti install plugin MMS ya.. tapi pas ane klik search plugin ubuntu tidak dapat menemukan pluginnya.

    Punya solusi ga Gan?

  • 2. andiny INDONESIA Windows NT Safari 535.19  |  May 6th, 2012 at 7:50 am

    trimakasih untuk tutorial pembuatan aplikasi music di OS ubuntu. isi artikel ini menarik dan cukup bermanfaat bagi saya, disini saya juga ingin memberikan informasi bahwa Sehubungan dengan akan diselenggarakan kegiatan Seminar Ilmiah Nasional KOMMIT 2012 dengan tema Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Ketahanan Nasional pada tanggal 18-19 September 2012 maka kami mengundang bpk/ibu/sdr/sdri turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Informasi selengkapnya dapat dilihat pada alamat URL http://penelitian.gunadarma.ac.id/kommit/

Leave a Comment

Required

Required, hidden

*

Some HTML allowed:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Mereka Berkata

Tags

Links

Arsip

Say Thanks

Terima kasih telah berkunjung. Mohon maaf apabila telat atau terlewat menjawab komentarnya. Lain kali mampir lagi ya.

Yang sedang mampir ...


Page Rank
PageRank



- Tanda tangan - © apvalentine.2008-2010.